Minggu, 31 Juli 2011

Sejarah video games

video game : Permainan komputer atau biasa disebut video game merupakan suatu permainan yang divisualisasikan melalui suatu media tampilan yang memerlukan interaksi dari pemainnya dengan menggunakan alat tertentu.

Disebut permainan komputer karena menggunakan suatu perangkat elektronik untuk menjalankan dan memainkan permainan tersebut, contohnya komputer games dan konsol game, di sinilah permainan komputer dibagi berdasarkan perangkat elektronik mana yang bisa menjalankan permainan tersebut (platform), platform permainan komputer ini bermacam-macam dari yang berukuran besar seperti komputer, yang lebih kecil seperti playstation, sampai yang bisa digenggam seperti playstation portable, dan permainan komputer yang khusus seperti mesin permainan arcade atau ding dong.
Permainan komputer dijalankan oleh perangkat elektronik lalu ditampilkan di media tampilan, media tampilan di sini berupa layar monitor untuk platform komputer dan televisi baik televisi biasa maupun televisi LCD untuk platform arcade, tapi pada perkembangannya komputer pun bisa menggunakan televisi maupun televisi LCD sebagai media tampilannya.
Interaksi yang terjadi dalam permainan komputer menggunakan suatu alat yang digunakan untuk menggerakan permainan yang disebut pengontrol permainan (game controller), pengontrol ini bervariasi berdasarkan platform. Pada awalnya permainan komputer video game pada platform komputer hanya menggunakan keyboard sebagai pengontrolnya.
Seiring perjalanan waktu permainan komputer mengalami perkembangan, mouse dan joystick merupakan pengontrol permainan komputer yang umum pada platform komputer, platform barupun mulai bermunculan seperti konsol video game, Playstation menggunakan stick yang mempunyai beberapa tombol yang dihubungkan dengan kabel sebagai alat pengontrolnya, sampai mesin konsol yang paling anyar saat ini playstation 3 menggunakan stick tanpa kabel dan mempunyai sensor gerakan pada pengontrolnya sebagai contoh game balapan mobil di nintendo wii hanya dengan memiringkan pengontrolnya ke kiri mobil akan sendirinya berbelok ke kiri tanpa menekan tombol apapun.video game

1 komentar:

  1. I love all these different automotive and motorcycle innovations as much as you do. I really like riding, active games and sports. Now I try myself as a blogger and create my own stories about how to find a dream job or turn a hobby into life and work. Here, http://krystalblogs.blogzet.com/play-best-casino-online-games-in-usa-15638193 read, you can write a comment or give your opinion.

    BalasHapus