Senin, 08 Agustus 2011

masa depan industri video games menjanjikan

video games : Akhir-akhir ini telah berkembang pesat teknologi cloud computing atau yang biasa disebut dengan komputasi awan dalam kegiatan bisnis massa video games . perlahan lahanpula mulai banyak situs yang menawarkan sistim komputasi awan ini untuk khalayak umum, contohnya adalah Google Doc Komputasi awan sendiri pada dasarnya adalah konsep penggunaan program komputer tanpa harus menginstalasi program atau menyimpan data pada komputer dimana program digunakan. Program yang ada ataupun tempat penyimpanan data dilakukan secara online melalui internet atau intranet.


di Indonesia sendiri memang  masih sedikit perusahaan video games yang sudah mengoptimalkan penggunaan komputasi awan tapi saya cukup yakin pada akhirnya perusahaan akan mengadopsinya karena dapat mengurangi harga operasional TI perusahaan. Dengan konsep yang sama, beberapa perusahaan seperti OnLive Game Service menawarkan jasa komputasi awan dimana kita tidak perlu lagi menginstal permainan video yang kita ingin mainkan atau bahkan kita tidak perlu memperbaharui komponen computer kita yang biasanya dibutuhkan untuk menjalankan sebuah permainan video.

Salah satu pendekatan cloud gaming oleh On Live
kelihatannya jika kita lihat memang tidak berbeda antara permainan online  denganpermainan awan  dimana keduanya membutuhkan koneksi internet untuk dimainkan, tapi harus dilihat bahwa dalam komputasi awan kita tidak perlu melakukan instalasi apapun untuk menjalankan aplikasinya. Yang kita butuhkan hanya sebuah web browser atau sebuah aplikasi untuk klien   khusus yang ringan dan berfungsi untuk memberikan daftar aplikasi atau permainan yang ingin kita mainkan.
Dalam permainan online biasanya kita menginstal permainan video sebelum dimainkan dan bila ada perubahan dalam permainan video tersebut maka kita diwajibkan untuk mengunduh bagian atau patch yang akan diinstal ke komputer kita sebelum bisa dimainkan. Sedangkan bila kita memainkan permainan video yang berbasis komputasi awan, perubahan apapun dalam permainan video tidak membutuhkan kita untuk mengunduh patch terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Instalasi salah satu game online
Dengan sistim seperti itu satu keuntungan dari cloud gaming adalah tuntutan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi. Hal ini karena permainan yang kita mainkan berjalan di server bukan di komputer kita. Namun dibalik kemudahan tersebut kita diwajibkan untuk memiliki kecepatan koneksi  internet yang sangat cepat dan stabil agar dapat dengan lancar memainkannya karena pada dasarnya seperti komputer yang sedang melakukan penyaluran video
Jangan samakan pula cloud gaming dengan web based game seperti game yang kita temukan pada Facebook, contohnya FarmVille. Pada web based game dasarnya kita tetap mengunduh sebagian besar dari client permainan tersebut (entah dalam bentuk swf atau jar) dan hanya berinteraksi dengan server berupa data saja.

Perangkat On Live tanpa komputer
Dari sisi metode penjualannya sendiri cloud computing menggunakan metode berlangganan dimana para pemain diberikan biaya bulanan untuk memainkan beberapa judul permainan sesuai dengan pilihan mereka. Selain itu ada pula metoda game on demand, dimana kita cukup membayar permainan yang ingin kita mainkan saja. Diluar itu ada juga kemungkinan kita dapat memainkannya dengan harga lebih murah ataupun gratis dengan adanya system in-game advertising yang akan dilakukan GAIKAI.
Jika kita tidak memiliki komputer ada perusahaan seperti On Live yang menyediakan perangkat mini yang biasa dihubungkan ke LCD TV melalui HDMI port dilengkapi dengan joystick untuk dapat menikmati jasa cloud gaming yang mereka tawarkan. Dalam memainkannya selain dengan menggunakan aplikasi client khusus, ada pula perusahaan yang menawarkan penggunanya untuk memainkan permainan dengan menggunakan web browser seperti Gaikai. Bayangkan bila kamu bisa memainkan Mass Effect 2 dengan menggunakan Mozzila Firefox saja.

In-Game Advertising yang ditawarkan GAIKAI
Saya cukup yakin cloud gaming bisa berhasil di Indonesia, salah satu dasarnya adalah dengan masih menjamurnya online game. Namun sebelum itu hal yang harus diperbaiki adalah jasa internet personal di Indonesia yang masih belum cepat dan stabil. Sampai saat ini baru ada satu perusahaan yang siap untuk menawarkan ini, dimana baru-baru ini menawarkan siaran HD pertama di Indonesia ditambah dengan operator 4G. Tetapi pada akhirnya kita tentu berharap dengan masuknya komputasi awan kita bisa mendapatkan alternative permainan video yang tidak hanya legal tapi juga murah. video games

source ( videogamesindonesia dot com )

3 komentar:

  1. mampir ke blog sobat, sambil baca artikel yg bagus ^_^

    #Salam hangat dari Yousake NKRI

    BalasHapus
  2. perlahan lahanpula mulai banyak situs yang menawarkan sistim komputasi awan ini untuk khalayak umum, contohnya adalah Google Doc Komputasi awan sendiri pada dasarnya adalah konsep penggunaan program komputer tanpa harus https://aduk.de/services/iot-connected-devices/

    BalasHapus
  3. I am interested in your opinion, as well as everything that is connected with games and https://www.slotup.co.nz/online-casino-real-money for example, I am very grateful for all those victories and money. Well, and for the fact that I successfully finished working at work, because it did not bring me anything good, except for debt and burnout.

    BalasHapus